Wednesday, October 19, 2011

Tips dan Trik bertahan dalam LDR

Sebelum gw nikah sama kekasih hati yang sekarang ini, gw sama doi pacaran jarak jauh dulu selama hampir 2,5 tahun.  It was a BIG deal for me actually, soalnya sebelum sama dia gw ga pernah LDR kayak gitu, apalagi sama orang sibuk macem doi.  Biasanya gw kemana-mana selalu minta anterin sama pacar.  Pas malem minggu LDR gini biasanya suka sedih nih, apalagi kalo ada pelem bagus keluar di bioskop terutama pelem lop-lopan.  Kan pengennya nonton sama yayang ga sih? Untungnya selama gw pacaran LDR itu temen-temen gw banyak yang lagi jomblo jadi masih ada lah orang bisa gw seret kesana kemari menjajah jakarta menikmati masa muda (lebay).

Nah buat kalian yang lagi LDRan nih, gw kasi tips-tips nya yah supaya kalian langgeng bin awet.  Syukur-syukur bisa sampe merit, amiieeeenn.

1. Jangan pernah nunda masalah

Kalau ada masalah, mau lo sampe tidur subuh gara-gara telfonan bahas masalah itu, ya selesain saat itu juga! Mungkin ada yang berpikir biar adem dulu, nanti aja diomongin kalo pas ketemu. Percaya dah, saat lo ketemu ato pengen bahas lagi, lo udah lupa mau ngomong apa!  Dan sampe akhirnya lo ribut lagi gara-gara masalah lain, masalah yang kemaren belum selesai akan diungkit-ungkit lagi dan malah bikin berantem makin huebat.  Bikin komitmen dari awal kalo kalian berdua harus mau nyelesain masalah, terutama masalah yang penting ya, saat itu juga, 


2.  Hargailah telepon selular anda

Kalo gw bilang jaga komunikasi mah udah basi banget ya.  But dalam LDR, yang namanya telefon itu penting banget.  Saat lo jauh dari pacar dan butuh dia yang lo punya cuma telepon.   Selalu inget di kepala bahwa secapek-capeknya dan sebete-betenya lo hari itu, bahkan jika lo pulang ngantor lembur jam 2 malam, sms atau telepon pacar sebentar ga akan nyusahin lo.   Gw sih bakalan seneng banget kalo gw tau dia capek tapi dia masih sempetin telepon gw sebelum tidur, atau ngabarin di sela-sela kesibukannya.  Itu ngebuktiin sesibuk-sibuknya lo, yayang mah tetep ada di hati! Dan begitu juga kalo lo tau pacar lagi sibuk, walaupun lo tau dia ga baca sms lo, tetep aja sms ingetin makan dll dll... waktu 30 detik untuk sms dan 350 rupiah bisa jadi berharga buat hubungan lo.  Jadi inget, dalam LDR telepon selular lo adalah penyambung kalian berdua yang paling penting.


3.  Yang sedang-sedang saja
Dalam LDR pasti lo ga bisa lepas dari curiga-curigaan ke pasangan.  Kadang emang annoying banget kalo dicurigain terus, tapi ga pernah dicurigain juga annoying tau.  Curiga atau khawatir dengan porsi yang pas (emang nasi bungkus!) bukan cuma sekedar nunjukin kalo lo ga percaya sama pasangan lo, tapi menurut gw lebih ke perasaan "gw ga mau kehilangan lo".  Kalo ente ga pernah curiga sama pasangan lo dan dia tiba-tiba bilang "aku tadi makan sama temen aku si INI (lawan jenis)" cobak jangan marah dulu karena mungkin dia cuma pengen bikin lo cemburu.


4.  His/her family

Terutama buat lo yang udah pacaran serius, jangan lupa untuk keep in touch sama keluarga nya walaupun si dia ga ada di kota itu.  Bahkan kalo lo perempuan, ga usah takut atau malu dateng ke rumahnya sendirian.  Sekedar bawa kue atau apa kek akan nunjukin kalo lo ga cuma mau sama anaknya, tapi lo juga care sama keluarganya.  Ga gampang emang pertamanya untuk masuk ke keluarganya kalau pacar ga ada disamping, ga ada yang "ngebawa" kita istilahnya.  Tapi orang seintrovert gw aja bisa loh (gw sama sekali ga bisa basa-basi), apalagi kalian yang emang dasarnya orang yang "rame".

5.  Pacarmu tidak sama dengan tong sampah atau keset

Maksud gw, jangan cuma nyariin pacar kalo lo lagi nganggur dan ga sibuk.  Kebanyakan pasangan LDR cuma nelfon pacar pas dia nganggur, ato lagi punya keluh kesah bla bla bla.  Cuma saling berkomunikasi pas malem hari karena pas itu lah kalian berdua nganggur.  Inget, pasangan lo harusnya jadi seseorang yang penting di kehidupan lo walapun mungkin bukan yang paling penting.  Nunjukin ke dia bahwa lo ngerasa dia penting dan lo mau berbagi hal-hal seru di kehidupan lo akan bikin dia tau dia penting.  Me myself, sering ngerasa kayak tong sampah dan keset lho dulu,  karena kerjaan laki gw yang supersibuk dan seringkali lupa ngabarin.  Nah gimana caranya supaya pasangan lo ga ngerasain kayak itu? pas lagi seneng biasain sms dia walaupun singkat aja, misalnya lo abis ujian dan lo pede ujian lo lancar, ya sms aja singkat "sayang kamu lagi apa? aku abis ujian nih, ujiannya alhamdulillah kayaknya aku bisa.. doain ya, jangan lupa makan".  Dengan gitu dia akan ngerasa "gw orang pertama yang dikasih tau kalo ada kabar baik = dia nganggep gw penting".  Ga dibales? gapapa! coba ga ngarepin balesan,  lama-lama pasti dia nangkep maksudnya kalo lo rajin sms ngasih tau dia kejadian-kejadian apa yang menarik di sekeliling lo. Tapi ya jangan terus-terusan sms 10 kali sehari, ntar si dia bakal ngirain lo... Freak!


Nah sekian dulu tips dan wejangan sok tau dari sayah.  Semoga para LDRers dikasih kesabaran yang selangit ya! amiiieeeennn......


2 comments:

  1. wah.. setelah LDR 2,5 thn akhirnya menikah ya mbak? ^^ syukurlahhh..
    ini aku jg lagi dalam menjalani masa LDR.. udah 1,5 thn.. susah bangettt :'(
    apalagi beda negara..
    thanks buat sharingnya ya mbak ^^ moga2 saya jg bs lanjut ke tahap selanjutnya spt mbak :) hehe..

    ReplyDelete
  2. wah beda negara? pastinya lebih susah donk ya, apalagi kalo waktu nya beda.. amin aminn tak doain langgeng terus yah sampe nikah! yang penting mah sabar aja jalaninnya, kalo kata penyanyi siapa itu sih katanya "indah pada waktunya", hehe.. semangat yaaa!

    ReplyDelete